METODE PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN PADA ANAK DISABILITAS TUNANETRA DI YAYASAN ANAK BUTA SURABAYA

SINGGIH, PINGKY WIDIANTO (2024) METODE PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN PADA ANAK DISABILITAS TUNANETRA DI YAYASAN ANAK BUTA SURABAYA. Undergraduate thesis, STKW SURABAYA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (32kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN TOK.pdf - Submitted Version

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (136kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
SKRIPSI WIDI-halaman.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Seni Karawitan dengan penyandang Tunanetra merupakan hal yang seharusnya diapresiasi dalam bentuk apapun. peneliti mencoba menggali bagaimana atau metode yang diberikan dalam pemahaman anak Tunanetra yang terdapat di Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya dalam pembelajaran seni karawitan secara mendetail penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. artinya, penelitian ini menggunakan sumber data yang terdapat di lapangan melalui pengamatan dari aspek suatu peristiwa yang terdapat pada objek penelitian. Keterbatasan siswa yang tidak dapat melihat memiliki treatment khusus dalam pembelajaran, dari proses pembelajaran yang telah dilakukan di Yayasan Pendidikan Anak Buta Surabaya, peneliti menemukan 5 metode yang dilaksanakan sebagai prinsip dalam mengukur pemahaman praktik memainkan gamelan pada anak penyandang tunanetra. Adapun metode yang diberikan pada pembelajaran seni Karawitan yakni Meotode Naratif, metode Demonstrasi, metode Jigsaw Drill, dan metode Evaluatif Demonstrasi.Penerapan metode memiliki kekhusuan tersendiri seperti halnya metode narasi dan demonstrasi. Kekhususuan dalam penerapan metode narasi jyang diberikan oleh guru yakni dengan menambhkan pengenalan notasi. Notasi yang diberikan bukan notasi Kepatihan melainkan notasi Brille. Notasi Brille merupakan penulisan huruf maupun angka yang digunakan oleh penderita tunanetra yang kemudian diimplementasikan berupa notasi pada anstrument Karawitan. Kekhususan metode demonstrasi yang dilakukan dengan cara merabakan instrument Karawitan sebagai pengenalan serta sebagai pendekatan ruang pada instrument. Hal ini dilakukan karena dari setiap instrument memiliki skala yang berbeda antara instrument satu dengan lainnya, sehingga dengan pendekatan ruang tersebut siswa diharapkan tidak salah menabuh wilah nada yang tidak seharusnya ditabuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 660 - Rumpun Ilmu Seni, Desain dan Media > 670 - Ilmu Seni Pertunjukan > 675 - Seni Karawitan
Divisions: Perpustakaan > Skripsi
Depositing User: Unnamed user with username widi
Date Deposited: 21 May 2024 09:34
Last Modified: 21 May 2024 09:34
URI: http://repository.stkw-surabaya.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item